Invitation

Life is a struggle. We were born to live. Let us live our life gloriously. For now and later, until the end of our time. In the end, meet our Creator with glorious look on our face

This is me. And you. And everyone. And everything.


بسم الله الرحمن الرحيم

Wednesday, February 13, 2013

The (Un)holy Valentine


Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakaatuuh! *gaya original* *halah*

Subhanallah, Walhamdulillah, akhirnya sempat juga untuk menulis. Ternyata sudah seminggu to penulis absen dari dunia tulis menulis. Yaah, kalau boleh jujur, penulis bukan sedang menunggu momen lho. Cuma belum ada pencerahan saja kok, hehe :D. Kalau pas momennya, berarti posting ini bisa masuk kategori aktual :p

Bicara soal momen, ternyata ada satu hari khusus di bulan Februari yang jadi momen khusus tahunan, yaitu tanggal 14 Februari, dimana hari itu dijadikan khusus buat berkasih sayang (padahal, yang namanya kasih sayang harusnya sepanjang hayat, kan?). Nah, pasti sudah pada tahu nih. Tapi, buat yang belum tahu, tanggal 14 Februari selalu dirayakan sebagai HARI VALENTINE.

Valentine? Apaan tuh? Kalau di barat sana, hari ini adalah hari khusus buat kasih sayang. Coklat, mawar merah, kartu ucapan ‘I love you’ atau ‘be my valentine’. Tiga hal barusan sudah jadi ciri khas hari ini. Di Indonesia sendiri, akibat promosi gila-gilaan di media, budaya yang begini juga sedang populer. Tidak hanya oleh kaum muda, tapi juga kaum dewasa. Bahkan, sebagian dari umat Muslim juga ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Tapi, perayaan ini asalnya dari barat sana, hukumnya gimana dong? Nah, berhubung banyak kaum Muslim yang ikut terlibat, penulis bakal coba menjelaskan dari sudut pandang Islam (with citations from references). Tapi, sebelum masuk ke sana, bolehlah kita tengok asal muasalnya, supaya kita makin tahu, makin paham, dan makin bisa mengambil sikap J

Setiap perayaan punya sejarah. Seperti Idul Adha yang didasari oleh perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih anaknya, Ismail. Sejarah tentang hari Valentine pun juga ada. Versinya pun banyak, tapi ada tiga versi yang paling diyakini. Apa saja? Ini dia!
  1. Pada Tanggal 14 Februari 270 M, St (Santo) Valentinus, seorang pendeta Nasrani (Kristen) dihukum mati sebagai martir oleh Kaisar Romawi Claudius II karena memerintahkan sang kaisar untuk masuk agama Nasrani. Ini versi yang paling terkenal. Tengkoraknya yang bermahkotakan mawar merah bisa ditemukan di Basilika Santa Maria, Cosmedin, Roma. Uniknya, dia dibunuh pada hari Lupercalia (festival kesuburan), yaitu hari perayaan paganis (penyembah berhala) Romawi yang jatuh pada tanggal 14 Februari.
  2. Masih dengan tokoh yang sama, tapi beda cerita. Kali ini, St Valentinus dipenjara karena ketahuan menikahkan tentara kerajaan dengan seorang gadis secara sembunyi-sembunyi. Padahal, Kaisar Claudius II melarang pasukannya untuk menikah. Di penjara, sambil menunggu hukuman matinya, Valentinus bertemu dengan seorang putri sipir yang (maaf) buta. Diobatinya gadis itu, kemudian Valentinus jatuh cinta. Akhirnya, pada malam sebelum ia dihukum mati, ia menulis surat cinta kepada sang gadis dengan penutup ’from your Valentine’ (dari Valentine-mu). Nah, istilah ini nih yang populer di kartu-kartu ucapan Valentine zaman sekarang.
  3. Masih dengan tokoh yang sama, versi ketiga menjelaskan bahwa St Valentinus disiksa sampai mati oleh Kaisar Claudius II pada tahun 296 M. Pada tahun 350, dibangunlah sebuah gereja di tempat ia disiksa untuk mengenang jasanya. Setelah para paganis Romawi berpindah ke Nasrani, mereka tetap merayakan hari kasih sayang versi mereka. Hanya saja, kecintaannya bukan pada berhala, melainkan kepada Valentinus. Bentuk perayaannya, pada tanggal 14 Februari (setelah Lupercalia), nama pemudi usia nikah ditulis di secarik kertas dan ditaruh di lemari buku. Lalu, para pemuda mengambil kertas yang berisikan nama pemudi. Pasangan itupun ‘diuji’ selama setahun untuk menemukan kecocokan. Selama itu pula, para pemuda-pemudi itu bebas melakukan apapun, termasuk zina. Kalau tidak cocok, bisa ganti yang lain.

Nah, dari banyaknya versi ini, tidak ada yang konsisten kan? Apalagi, salah satu versinya ada yang dikait-kaitkan dengan penyembahan berhala yang merupakan agama jahiliyah. Versi lainnya bahkan melegalkan zina (padahal dilarang keras dalam Islam). Kesimpulannya, dari tiga versi di atas, ada satu persamaannya, yaitu : semua bernilai kafiriyah dan dilarang dalam Islam. Apalagi di zaman sekarang ini, saling memberi coklat, bunga, dan kartu ucapan tidak cukup. Sebagian pasangan pemuda-pemudi malah check-in untuk ber*ups*. Karena itu, banyak yang memplesetkan hari ini jadi hari F**klentine (F**k : zina). Bahkan, yang lebih gila lagi, ada bonus yang tidak tanggung-tanggung setiap beli coklat di hari Valentine. Bukan bonus biasa, tapi k*nd*m, seakan-akan seks bebas dibolehkan (ckckck....).

Padahal, Islam sudah membahas hal ini secara gamblang lho. Mengenai hukum ikut meniru suatu kaum (termasuk merayakan hari Valentine), Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut” (HR. Abu Daud). Sementara, tradisi ini datang dari kaum Nasrani dan Paganis Romawi. Berarti, yang ikut merayakan sama aja kafir dong? Kalau niatnya mengenang St Valentinus, sayang sekali, iya. Kalau tidak bermaksud begituan sekalipun, tetap saja termasuk kemungkaran yang besar, karena ikut memakmurkan hari raya mereka. Clear?

Tentang ucapan ’be my Valentine’ yang sering diucapkan buat p*c*r (baik yang legal a.k.a. istri atau yang cinta monyet), baik secara langsung atau dalam bentuk kartu, ternyata maknanya berbahaya lho. Buat teman-teman yang belum tahu, ternyata kata Valentine asalnya dari bahasa latin Valentinus yang artinya ‘Yang Maha Kuasa’. Nah! Berarti orang “terkasih” kita anggap yang “Maha Kuasa” atas diri kita. Aw, padahal Yang Maha Kuasa hanya The One and Only ALLAH SWT. Berarti, sama aja musyrik dong? Yap, tidak diragukan lagi.

Terus, di hari Valentine ini, biasanya suka terjadi kontak fisik antar non-mahram yang (sebenarnya) tidak diperbolehkan Islam. Okelah tidak sampai zina kemaluan, tapi kalau perilaku yang taqrabuz zina seperti menyentuh (zina tangan), berharap (zina hati), berpandangan (zina mata) dan zina-zina yang lain? Lebih baik jangan dilakukan kalau tidak mau dapat gelar ‘couple keji’ (baca firman Allah di Surat Al-Isra :32). Mengenai hubungan dengan lawan jenis non-mahram, bisa dibaca di postingan Izinkan Aku Mencintaimu Karena Allah.

So, dengan paparan di atas, sikap kita sebagai pemuda Muslim dan pemudi Muslimah (harusnya) sudah jelas dong? Berhubung hari Valentine adalah perayaan orang non-Muslim dan berasal dari ritual non-Muslim, memang lebih baik kalau kita hindari perayaan itu. Lagipula, hari kasih sayang bagi kita semua (baik Muslim maupun non-Muslim) harusnya sepanjang hidup kita kan? Untuk kita yang mencintai karena ALLAH sepanjang waktu, ALLAH sudah berjanji dalam firman-Nya, “Pasti akan mendapatkan cinta-Ku orang-orang yang cinta mencintai karena Aku, saling kunjung mengunjungi karena Aku, dan saling memberi karena Aku.” Dicintai ALLAH lho man, siapa yang tidak mau?

Semoga tulisan ini bermanfaat ya ^_^. Last words, mencintailah karena Allah di setiap waktu dan hembus nafas kita, tidak perlu repot-repot mengkhususkan waktu berkasih sayang untuk orang atau momen tertentu, apalagi kalau perayaannya mengekor pada tradisi non-Muslim seperti hari Valentine ini. Dan buat kita para pemuda-pemudi Muslim, saatnya berkata : NO for Palentine! YES for Palestine!

 

Referensi :

No comments:

Post a Comment

Powered By Blogger